Jumat, 23 Januari 2015

Koneksi Internet, Cara Shutdown Komputer, Softros LAN Messenger (LAN Chat), Mengendalikan Komputer Jarak Jauh (Team Viewer Setup)

Edit Posted by with 2 comments
LAPORAN PRAKTIKUM

Nama                        : Lisa Wahyuni
NIM              : 14240010
Mata Kuliah  : Praktikum Utility
Kelas             : 1
Prodi             : Manajemen Informatika
Modul ke      : 9

Judul Laporan
“Koneksi Internet, Cara Shutdown Komputer, Softros LAN Messenger (LAN Chat), Mengendalikan Komputer Jarak Jauh (Team Viewer Setup)”
                                                                                              
Hasil Percobaan
Setelah saya melakukan percobaan Koneksi Internet, Cara Shutdown Komputer, Softros LAN Messenger (LAN Chat), Mengendalikan Komputer Jarak Jauh (Team Viewer Setup) sesuai dengan perintah-perintah yang ada maka, hasilnyapun berhasil.

Analisis Percobaan
·         Koneksi internet :
Start à open windows eksplorer à klik network à kemudian klik kanan properties à klik pada unidentified network ke internet apabila masih ada tanda silang merah, maka kita klik silang tersebut untuk melakukan detecting problem, kemudian klik Virtualbox Host-Only Network à klik properties kemudian akan muncul connections uses the folowing items maka kita pilih klik internet protocol  version 4 (TCP/IPv4)à klik propertiesà IP adress dan default gateway diganti dengan 8 contoh : 192.168.8.5à klik OK setelah itu kita bisa menggunakan koneksi internet.
·         Cara Shutdown Komputer:
Langkah pertama harus mengetahui IP Addres yang akan di remote. Berikut ini cara mengetahui
IP addres yang akan di remote dalam suatu jaringan baik jaringan Wareles atau LAN :
1.      Masuk ke Run
2.      ketikkan perintah Commad prompt (CMD)
3.      Ketikkan perintah net view kemudian enter
Selanjutnya kita akan melihat IP address pada salah satu komputer tersebut dengan cara ping.
4.      Ketikkan perintah tersebut (ping nama pc "contoh Ping <nama network> " pada kotak
     CMD, dan Ip addressnya adalah 192.168.5.5, dengan demikian maka kita sudah mengetahui IP yang menjadi target.
5.      Shutdown komputer Target dengan perintah dari run, pada kotak CMD ketikkan perintah shutdown -i kemudian tekan enter.
6.      Pada kotak Computer klik ADD dan masukkan IP Addres yang menjadi target
7.      Selanjutnya terserah komputer target mau anda  shutdown, restart, atau  Log off.
8.      Pada kotak koment isi sesuai dengan yang anda inginkan, contoh : "2 menit lagi komputer anda akan tershutdown”.
·         LAN Messenger (LAN Chat)
Penggunaannya sangatlah mudah, setelah program  kita install atau diunduh di komputer, maka segera jalankan LANChat.exe. Dalam tampilan utama hanya ada beberapa bagian, seperti daftar pengguna, area yang menampilkan pesan dari pengguna-pengguna lainnya, beberapa status dan kotak untuk menulis pesan. Tidak ada opsi lain untuk diatur atau disesuaikan.
Untuk mendapatkan fitur pesan pribadi antar pengguna komputer dalam jaringan lokal, maka kita bisa menggunakan softwarebuatan Fomine lainnya, seperti Winpopup LAN Messenger atau Office Popup yang merupakan program berbayar. Sehingga bisa dikatakan LAN Chat merupakan versi minimalis dari aplikasi tersebut.
·         Mengendalikan Komputer Jarak Jauh (Team viewer):
Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1.      Install dahulu Program ke PC atau Laptop.
2.      Setelah itu ketikkan No. ID yang muncul di TeamViewernya di kolom ID Create Session terus Pilih Remote Support kemudian Connect to partner.
3.      Tunggu sebentar maka tampilan desktop PC atau Laptop teman kita langsung muncul di layar monitor kita, dan siap untuk dieksekusi layaknya kita berada di depan komputer tersebut padahal komputernya berada jauh di sana.
Dengan syarat : kedua komputer harus konek internet dan kedua komputer harus saling menjalankan program TeamViewer.

Kesimpulan Percobaan
Dengan adanya materi untuk mengganti tampilan icon, dapat mempermudah saya untuk Koneksi Internet, Cara Shutdown Komputer, Softros LAN Messenger (LAN Chat), Mengendalikan Komputer Jarak Jauh (Team Viewer Setup) sesuai dengan perintah-perintah yang ada maka, hasilnyapun berhasil sesuai apa yang saya inginkan.   Dan dengan adanya Koneksi Internet, Cara Shutdown Komputer, Softros LAN Messenger (LAN Chat), Mengendalikan Komputer Jarak Jauh (Team Viewer Setup) saya dapat lebih mengerti tentang materi ini.

2 komentar: