PROPOSAL
USAHA RENTAL MOBIL
“ANLI
RENTAL”
SMK N 4 YOGYAKARTA
Tahun Ajaran 2012/ 2013
Disusun oleh:
Nama : Lisa Wahyuni
Kelas : XI UPW 2
No.
Absen: 21
KATA PENGANTAR
Puji syukur kita
panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat, hidayah,
dan segala karunia-Nya saya dapat menyelesaikan proposal ini. Propsal ini saya
buat denagn maksud untuk lebih mengenalkan usaha ini kepada masyarakat sekalian
, agar masyarakat sekalian dapat berkunjung serta mengenali lebih dalam lagi
tentang Anli Rental kami. Selain itu kami juga menyediakan berbagai macam jenis
mobil yang bersih dan bagus serta pelayanan yang cukup baik agar memuaskan anda semua.
Kami juga mengharapkan
masyarakat sekalian merasa nyaman dan puas setelah menggunakan mobil yang kami
sewakan. Kami mendirikan rental ini dengan tujuan untuk membuat pelanggan kami
merasa senang dengan cara pelayanan kami serta dapat mengunjungi rental ini
kembali.
Kami berharap dengan
adanya proposal ini masyarakat dapat mengerti dan memahaminya dan semoga proposal
yang telah kami buat ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Yogyakarta, 03 Mei 2013
BAB I PENDAHULUAN
A.
Nama Usaha : Anli Rental
Alamat Usaha : Jalan Tamansiswa no.20F
Yogyakarta
Telepon : (0274) 376289
B.
Nama Pemilik Usaha : Lisa Wahyuni
Alamat Pemilik Usaha : Celeban jl.Soga no.54/671 RT.35 RW.08
C.
Informasi tentang bisnis yang
dilaksanakan
Anli Rental adalah usaha yang
menawarkan untuk menyewakan berbagai jenis macam mobil yang telah kami
sediakan. Anli Rental ini menawarkan harga yang cukup terjangkau bagi kalangan
masyarakat khususn ya untuk para mahasiswa
maupun mahasiswi dibandingkan dengan harga rental yang lainnya. Dari segi
kualitas maupun kuantitas rental ini jauh lebih baik dan lebih banyak
menyediakan mobil daripada rental lainnya. Mobil-mobil yang kami sediakan di
sini jauh lebih bagus dan dari segi pelayanan jasa yang kami tawarkan juga lebih memuaskan sehingga pelanggan tidak
merasa dirugikan sebab asisten usaha rental ini merupakan orang yang
profesional dalam melakukan tindak pelayanan jasa selain itu asisten kami juga
lebih berpengalaman dalam hubungan interaksi sewa-menyewa.
BAB II URAIAN TENTANG ASPEK USAHA
A.
Uraian Usaha Umum
Anli Trental adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang pariwisata. Di
usaha rental ini kami menyewakan berbagai jenis mobi yang akan mempermudah
perjalanan anda baik di luar maupun di dalam kota, diantaranya ada karimun,
kijang, avanza, APV, estello. Kami memilih usaha mobil ini karena rental mobil
adalah salah satu kegiatan ekonomi yang bertujuan untuk mencapai keberhasilan
serta untuk memenuhi kebutuhan penghasilan dari sang pemilik.
B.
Latar Belakang
Kebutuhan transportasi adalah
kebutuhan yang saat ini telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat selain
itu, transportasi juga akan mempermudah kita semua untuk melakukan perjalanan.
Maka dari itu, saya memilih untuk membuka sebuah usaha yaitu Rental Mobil.
C.
Sejarah dan Latar Belakang Perusahaan
Usaha
rental mobil ini berdiri pada tahun 2008 tepatnya pada tanggal 1 Juni 2008. Anli
Rental ini dibuka dari jam 09.00 pagi s/d jam 21.00 malam untuk hari senin
sampai dengan jumat, untuk hari sabtu dari jam 09.00 pagi s/d jam 17.00 sore,
sedangkan untuk hari minggu tutup. Di sini kami menyediakan bermacam jenis merk
mobil diantaranya ada karimun, kijang, avanza, APV, dan estello. Selain itu
kami juga menyediakan penyewaan mobil beserta supirnya. Kami membuka rental
mobil ini ditempat yang sangat strategis yang berlokasikan di Jalan Tamansiswa
20F Yogyakarta.
D.
Tujuan dan Potensi Usaha
Anli Rental di dirikan untuk memberikan
pelayanan dalam bidang pariwisata dengan produk pelayanan yang berkualitas
tinggi dan harga terjangkau. Di samping itu asisten rental ini merupakan orang
yang sangat profesional sehingga dalam pelayananya jauh lebih baik dan
memuaskan tentu tidak akan mengecewakan para pelanggan.
E.
Keunikan Produk atau Pelayanan
Keunikan
produk mobil ini dilengkapi dengan speaker mini, tv mini, dvd mini serta ac. Di
samping itu jika pelanggan datang, kami akan menyambutnya dengan ramah dan
sopan maka dengan adanya keramah-tamahan serta kesopanan ini, interaksi dengan
konsumen akan selalu terjaga dan hal inilah yang merupakan kunci sukses suatu
usaha.
BAB
III ANALISIS INDUSTRI
A.
Penelitian dan Analisis
1.
Target pasar atau konsumen
Target
pasar yang akan di sasar ini sangat penting ketika berhubungan dengan penawaran.
Jasa ini khusus ditujukan untuk masyarakat umum, masyarakat sekitar, mahasiswa/
mahasiswi. Usaha ini lokasinya sangat
strategis, yang berlokasikan ditempat keramaian umum sehingga, orang-orang
dapat mengetahui ataupun melihat usaha jasa rental ini.
Sedangkan rencana
berikutnya Anli Rentai ini akan menambahkan 2 cabang rental lagi yang berlokasi
di Janturan dan di Gedong Kuning.
2.
Ukuran dan kecenderungan
Ukuran
untuk menggambarkan sejauh mana kegiatan penawaran tentang penyewaan mobil dapat
mencapai sasaran baik kepada pelanggan. Diantara beberapa macam mobil yang
tersedia, yang paling dipermasalhkan adalah jumlah mobil yang terbatas.
3.
Situasi Persaingan
Jumlah
usaha rental mobil yang ada di sekitarnya adalah ada 1 rental, yaitu Reza
Rental yang berada dijarak sekitar 50meter dari Anli Rental. Dengan adanya
rental lain membuat rental kami menjadi bersaing .
4.
Kalkulasi atau Perkiraan Bagian Pasar
Usaha
rental di kunjungi pelanggan pada saat musim liburan sekolah maupun liburan
menjelang lebaran. Usaha ini memang tergolong
usaha musiman.
Hasilpun di
peroleh lebih banyak pada saat event-event tersebut. Di saat hari-hari biasa
pelanggan yang datang berkisar 4-6 orang per harinya tetapi, jika saat musim
liburan bisa berkisar hingga 7-10 orang per harinya
B.
Rencana Pemasaran Strategi
Pasar
1.
Strategi Pasar
Strategi pasar adalah
menciptakan tingkat kesadaran dan mendorong taerjadinya berbagai promosi jenis
promosi mobil yang ditawarkan. Strategi pemasaran ini sulit untuk ditebak,
strategi ini meliputi (marketing mix-produk, price, place, promotion). Adapun
strategi-strategi lain diantaranya adalah produk yang ditawarkan harus baik/
memiliki kualitas dan kuantitas yang baik, harga pemasarannya harus lebih
murah/ terjangkau, berlokasikan ditempat yang strategis, mempromosikan dengan
menggunakan media brosur, spanduk, dll.
Macam-macam Jenis Transportasi
NO
|
Jenis Transportasi
|
Jumlah Transportasi
|
Harga Per Unit
|
Total
|
1
|
Kijang
|
2
|
Rp
100.000.000
|
Rp
200.000.000
|
2
|
Karimun
|
3
|
Rp
60.000.000
|
Rp 180.000.000
|
3
|
APV
|
2
|
Rp 130.000.000
|
Rp 260.000.000
|
4
|
Avanza
|
1
|
Rp 180.000.000
|
Rp 180.000.000
|
5
|
Estello
|
2
|
Rp
80.000.000
|
Rp 160.000.000
|
|
Jumlah
|
10
|
Rp 550.000.000
|
Rp 980.000.000
|
Peralatan
NO
|
Nama Alat
|
Jumlah Alat
|
Harga Per Unit
|
Total
|
1
|
Meja
|
1
|
Rp 1.000.000
|
Rp
1.000.000
|
2
|
Kursi
|
3
|
Rp
400.000
|
Rp
1.200.000
|
3
|
Komputer
|
1
|
Rp
2.500.000
|
Rp 2.500.000
|
4
|
Modem
|
1
|
Rp
150.000
|
Rp
150.000
|
5
|
Printer
|
1
|
Rp
700.000
|
Rp
700.000
|
6
|
Tinta
|
1
|
Rp 20.000
|
Rp 20.000
|
7
|
Telepone
|
1
|
Rp 1.500.000
|
Rp 1.500.000
|
8
|
Kertas HVS
|
1 rim
|
Rp 30.000
|
Rp 30.000
|
|
Jumlah
|
10
|
Rp 6.300.000
|
Rp 7.100.000
|
2.
Masalah Penetapan Harga
Dalam
menentukan harga salah satunya yang kami pertimbangkan adalah harga yang
merujuk pada target pasar dan pesaing. Target pasar kami adalah masyarakat
sekitar, masyarakat umum, mahasiswa/ mahasiswi
Penetapan Harga Sewa (Tanpa Supir)
NO
|
Jenis Mobil yang Disewakan
|
Harga
|
1
|
Kijang
|
Rp
500.000 @ hari
|
2
|
Karimun
|
Rp
300.000 @ hari
|
3
|
APV
|
Rp
650.000 @ hari
|
4
|
Avanza
|
Rp
900.000 @ hari
|
5
|
Estello
|
Rp
400.000 @ hari
|
Penetapan Harga Sewa (Supir)
NO.
|
Jenis Mobil yang Disewakan
|
Harga
|
1
|
Kijang
|
Rp 650.000 @ hari
|
2
|
Karimun
|
Rp 450.000 @ hari
|
3
|
APV
|
Rp 800.000 @ hari
|
4
|
Avanza
|
Rp
1.050.000 @ hari
|
5
|
Estello
|
Rp 550.000 @ hari
|
3.
Periklanan dan Promosi
Untuk
melakukan promosi dapat di lakukan dengan segala cara diantaranya melalui brosur,
papan nama, spanduk, dll. Brosur dengan cara membagi-bagikan selebaran kepada
orang lain. Adapun perinciannya sebagai berikut:
Ø Brosur Rp 50.000,00
Ø Papan
Nama Rp 50.000,00
Ø Spanduk Rp 60.000,00
BAB IV PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN
A.
Kekuatan
Ø A.
Lokasi yang strategis
Ø B.
Harga sewa yang tidak terlalu denagn rental lain sehingga mampu bersaing
Ø C.
Dilengkapi dengan fasilitas mobil yang lengkap
B.
Kelemahan
Ø A.
Anggaran yangterbatas
Ø B.
Jumlah persediaan mobil yang terbatas
Ø C.
Tanggungjawab tidak terbatas
C.
Keunggulan
Ø A.
Bagi orang yang tidak memiliki mobil dan yang ingin melakukan perjalanan wisata bisa menggunakan jasa
rental
Ø B.
Tersedianya tenaga kerja yang berpengalaman
Ø C.
Dengan adanya iklan, media cetak, brosur, dll bisa mempromosikan usaha tersebut
D.
Ancaman
Ø A.
Adanya usaha lain yang sejenis sebagai pesaing
Ø B.
Perubahan selera dari pelanggan
Ø C.
Keadaanpemasaran yang berubah-ubah
BAB V ASPEK PABRIK
Layout Tempat
Usaha
BAB VI ASPEK MANAJEMEN
A.
Tim Manajemen
Manager : Lisa
Kasir : Risty
Capster : Indah Nindia
Putri Lestari
Dewinda
B.
Struktur Organisasi
Struktur
organisasi dapat di ciptakan hubungan yang harmonis antara bagian apabila di
susun secara baik dan rapi. Organisasi perusahaan menggambarkan susunan tugas,
wewenang dan tanggung jawab karyawan pada posisinya dalam perusahaan
C.
Susunan Direktur, penasehat dan
konsultan
1. Direktur
·
Sebagai penanggungjawab atas jalannya
usaha
·
Mencari peluang untuk maemajukan
usahanya
2. Penasihat
·
Sebagai penasihat/ orang yang memberi
masukkan terhadap suatau usaha tersebut agar lebih baik dan maju
·
Orang yang selalu membantu di dalam
mengambil keputusan serta pelaksanaan kebijakan yang akan dijalankan
3. Konsultan
·
Orang yang selalau memberikan pendapat
terhadap suatu usaha
·
Memberi pertimbangan atas berbagai
macam tindakan alternatif
BAB VII ASPEK RESIKO
A.
Masalah-masalah
1.
Masalah tentang keuangan
2.
Sepinya pelanggan
3.
Adanya kerusakan
B.
Resiko dan Hambatan
1.
Adanya usaha lain yang sejenis
2.
Terbatasnya persediaan mobil
3.
Kesulitan mencari tenaga kerja
C.
Tindakan Alternatif
1.
Menerapkan harga yang murah (standar)
2.
Pelayanan yang lebih ramah dan sopan
3.
Jika tidak ada pegawai, pemimpin untuk
sementara waktu bisa menjadi pegawai
BAB VIII ASPEK FINANSIAL
A.
Jumlah Modal yang dibutuhkan
a.
Membeli Transportasi Rp 980.000.000
b.
Membeli Peralatan Rp 7.100.000
c.
Membayar Gaji Rp 1.800.000
d.
Membayar Listrik Rp 300.000
e.
Biaya Promosi
Rp 160.000
Total Modal Rp 989.360.000
B.
Sumber Modal
a.
Tabungan Sendiri
Rp 500.000.000
b.
Pinjam Orangtua Rp 250.000.000
c.
Pinjam Bank
Rp 250.000.000
C.
Penggunaan Modal
Modal
kerja adalah modal yang menjadi sumber utama dalam menjalankan suatu usaha
misalnya habisnya peralatan pada saat pelayanan, contoh habisnya tinta ketika
akan mengeprint, dengan adanya kejadian tersebut akan menghambat proses
produksi. Jika hal ini terjadi, maka akan mengakibatkan keterlambatannya proses
pelayanan sehingga dapat memancing emosi pelanggan karena menunggu terlalu
lama. Semua itu dapat mengakibatkan turunnya keuntungan usaha, sepinya
pelanggan (beralih ke rental lain), perubahan selera daripelanggan.
Assalamualaikum.
BalasHapusDengan hormat, apakah saya diperkenankan jika meminta softcopy proposal ini, sebagai referensi oembuatan proposal saya.
Demikian terinakasih.
Salam hormat.
Wassalam
pembahasannya sangat lengkap, tampilan blog-nya juga sangat menarik.. terimakasih atas informasinya...
BalasHapusAplikasi Rental Mobil Berbasis Android
Klo aspek produksinya apa ya? Sprti alat bahan proses pembuatan juga
BalasHapus