Sabtu, 24 Januari 2015

Proposal Usaha Rental Mobil

Edit Posted by with 3 comments


PROPOSAL USAHA RENTAL MOBIL
“ANLI RENTAL”

 
SMK N 4 YOGYAKARTA
Tahun Ajaran 2012/ 2013


Disusun oleh:
Nama       : Lisa Wahyuni
Kelas        : XI UPW 2
No. Absen: 21
    
KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat, hidayah, dan segala karunia-Nya saya dapat menyelesaikan proposal ini. Propsal ini saya buat denagn maksud untuk lebih mengenalkan usaha ini kepada masyarakat sekalian , agar masyarakat sekalian dapat berkunjung serta mengenali lebih dalam lagi tentang Anli Rental kami. Selain itu kami juga menyediakan berbagai macam jenis mobil yang bersih dan bagus serta pelayanan yang cukup baik agar  memuaskan anda semua.
Kami juga mengharapkan masyarakat sekalian merasa nyaman dan puas setelah menggunakan mobil yang kami sewakan. Kami mendirikan rental ini dengan tujuan untuk membuat pelanggan kami merasa senang dengan cara pelayanan kami serta dapat mengunjungi rental ini kembali.
Kami berharap dengan adanya proposal ini masyarakat dapat mengerti dan memahaminya dan semoga proposal yang telah kami buat ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

 
  
Yogyakarta, 03 Mei 2013

BAB I PENDAHULUAN


A.      Nama Usaha                      : Anli Rental
                   Alamat Usaha                    : Jalan Tamansiswa no.20F Yogyakarta
                   Telepon                              : (0274) 376289


B.      Nama Pemilik Usaha         : Lisa Wahyuni
                   Alamat Pemilik Usaha       : Celeban jl.Soga no.54/671 RT.35 RW.08


C.      Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan
               Anli Rental adalah usaha yang menawarkan untuk menyewakan berbagai jenis macam mobil yang telah kami sediakan. Anli Rental ini menawarkan harga yang cukup terjangkau bagi kalangan masyarakat khususn ya untuk  para mahasiswa maupun mahasiswi dibandingkan dengan harga rental yang lainnya. Dari segi kualitas maupun kuantitas rental ini jauh lebih baik dan lebih banyak menyediakan mobil daripada rental lainnya. Mobil-mobil yang kami sediakan di sini jauh lebih bagus dan dari segi pelayanan jasa yang kami tawarkan  juga lebih memuaskan sehingga pelanggan tidak merasa dirugikan sebab asisten usaha rental ini merupakan orang yang profesional dalam melakukan tindak pelayanan jasa selain itu asisten kami juga lebih berpengalaman dalam hubungan interaksi sewa-menyewa.

BAB II URAIAN TENTANG ASPEK USAHA
A.      Uraian Usaha Umum
      Anli Trental adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang pariwisata. Di usaha rental ini kami menyewakan berbagai jenis mobi yang akan mempermudah perjalanan anda baik di luar maupun di dalam kota, diantaranya ada karimun, kijang, avanza, APV, estello. Kami memilih usaha mobil ini karena rental mobil adalah salah satu kegiatan ekonomi yang bertujuan untuk mencapai keberhasilan serta untuk memenuhi kebutuhan penghasilan dari sang pemilik.

B.      Latar Belakang
         Kebutuhan transportasi adalah kebutuhan yang saat ini telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat selain itu, transportasi juga akan mempermudah kita semua untuk melakukan perjalanan. Maka dari itu, saya memilih untuk membuka sebuah usaha yaitu Rental Mobil.

C.      Sejarah dan Latar Belakang Perusahaan
Usaha rental mobil ini berdiri pada tahun 2008 tepatnya pada tanggal 1 Juni 2008. Anli Rental ini dibuka dari jam 09.00 pagi s/d jam 21.00 malam untuk hari senin sampai dengan jumat, untuk hari sabtu dari jam 09.00 pagi s/d jam 17.00 sore, sedangkan untuk hari minggu tutup. Di sini kami menyediakan bermacam jenis merk mobil diantaranya ada karimun, kijang, avanza, APV, dan estello. Selain itu kami juga menyediakan penyewaan mobil beserta supirnya. Kami membuka rental mobil ini ditempat yang sangat strategis yang berlokasikan di Jalan Tamansiswa 20F Yogyakarta.

D.     Tujuan dan Potensi Usaha
Anli Rental di dirikan untuk memberikan pelayanan dalam bidang pariwisata dengan produk pelayanan yang berkualitas tinggi dan harga terjangkau. Di samping itu asisten rental ini merupakan orang yang sangat profesional sehingga dalam pelayananya jauh lebih baik dan memuaskan tentu tidak akan mengecewakan para pelanggan.

E.      Keunikan Produk atau Pelayanan
Keunikan produk mobil ini dilengkapi dengan speaker mini, tv mini, dvd mini serta ac. Di samping itu jika pelanggan datang, kami akan menyambutnya dengan ramah dan sopan maka dengan adanya keramah-tamahan serta kesopanan ini, interaksi dengan konsumen akan selalu terjaga dan hal inilah yang merupakan kunci sukses suatu usaha.

BAB III ANALISIS INDUSTRI

A.      Penelitian dan Analisis
1.      Target pasar atau konsumen
Target pasar yang akan di sasar ini sangat penting ketika berhubungan dengan penawaran. Jasa ini khusus ditujukan untuk masyarakat umum, masyarakat sekitar, mahasiswa/ mahasiswi.  Usaha ini lokasinya sangat strategis, yang berlokasikan ditempat keramaian umum sehingga, orang-orang dapat mengetahui ataupun melihat usaha jasa rental ini.
Sedangkan rencana berikutnya Anli Rentai ini akan menambahkan 2 cabang rental lagi yang berlokasi di Janturan dan di Gedong Kuning.

2.      Ukuran dan kecenderungan
Ukuran untuk menggambarkan sejauh mana kegiatan penawaran tentang penyewaan mobil dapat mencapai sasaran baik kepada pelanggan. Diantara beberapa macam mobil yang tersedia, yang paling dipermasalhkan adalah jumlah mobil yang terbatas.

3.      Situasi Persaingan
Jumlah usaha rental mobil yang ada di sekitarnya adalah ada 1 rental, yaitu Reza Rental yang berada dijarak sekitar 50meter dari Anli Rental. Dengan adanya rental lain membuat rental kami menjadi bersaing .

4.      Kalkulasi atau Perkiraan Bagian Pasar
Usaha rental di kunjungi pelanggan pada saat musim liburan sekolah maupun liburan menjelang lebaran. Usaha ini  memang tergolong usaha musiman.
Hasilpun di peroleh lebih banyak pada saat event-event tersebut. Di saat hari-hari biasa pelanggan yang datang berkisar 4-6 orang per harinya tetapi, jika saat musim liburan bisa berkisar hingga 7-10 orang per harinya
  
B.      Rencana Pemasaran Strategi Pasar

1.      Strategi Pasar
                         Strategi pasar adalah menciptakan tingkat kesadaran dan mendorong taerjadinya berbagai promosi jenis promosi mobil yang ditawarkan. Strategi pemasaran ini sulit untuk ditebak, strategi ini meliputi (marketing mix-produk, price, place, promotion). Adapun strategi-strategi lain diantaranya adalah produk yang ditawarkan harus baik/ memiliki kualitas dan kuantitas yang baik, harga pemasarannya harus lebih murah/ terjangkau, berlokasikan ditempat yang strategis, mempromosikan dengan menggunakan media brosur, spanduk, dll.
Macam-macam Jenis Transportasi
NO
Jenis Transportasi
Jumlah Transportasi
Harga Per Unit
Total
1
Kijang
2
Rp       100.000.000
Rp          200.000.000
2
Karimun
3
Rp         60.000.000
Rp          180.000.000
3
APV
2
Rp       130.000.000
Rp          260.000.000
4
Avanza
1
Rp       180.000.000
Rp          180.000.000
5
Estello
2
Rp         80.000.000
Rp          160.000.000

Jumlah
10
Rp       550.000.000
Rp          980.000.000

Peralatan
NO
Nama Alat
Jumlah Alat
Harga Per Unit
Total
1
Meja
1
Rp      1.000.000
Rp      1.000.000
2
Kursi
3
Rp          400.000
Rp      1.200.000
3
Komputer
1
Rp       2.500.000
Rp      2.500.000
4
Modem
1
Rp          150.000
Rp         150.000
5
Printer
1
Rp          700.000
Rp         700.000
6
Tinta
1
Rp            20.000
Rp           20.000
7
Telepone
1
Rp       1.500.000   
Rp      1.500.000
8
Kertas HVS
1 rim
Rp             30.000
Rp            30.000

Jumlah
10
Rp       6.300.000
Rp      7.100.000

2.      Masalah Penetapan Harga
Dalam menentukan harga salah satunya yang kami pertimbangkan adalah harga yang merujuk pada target pasar dan pesaing. Target pasar kami adalah masyarakat sekitar, masyarakat umum, mahasiswa/ mahasiswi
Penetapan Harga Sewa (Tanpa Supir)
NO
Jenis Mobil yang Disewakan
Harga
1
Kijang
Rp  500.000 @ hari
2
Karimun
Rp  300.000 @ hari
3
APV
Rp  650.000 @ hari
4
Avanza
Rp  900.000 @ hari
5
Estello
Rp  400.000 @ hari

Penetapan Harga Sewa (Supir)
NO.
Jenis Mobil yang Disewakan
Harga
1
Kijang
Rp     650.000 @ hari
2
Karimun
Rp     450.000 @ hari
3
APV
Rp     800.000 @ hari
4
Avanza
Rp  1.050.000 @ hari
5
Estello
Rp     550.000 @ hari

3.      Periklanan dan Promosi
Untuk melakukan promosi dapat di lakukan dengan segala cara diantaranya melalui brosur, papan nama, spanduk, dll. Brosur dengan cara membagi-bagikan selebaran kepada orang lain. Adapun perinciannya sebagai berikut:
Ø  Brosur                              Rp 50.000,00
Ø  Papan Nama                    Rp 50.000,00
Ø  Spanduk                            Rp 60.000,00

BAB IV PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN

A.      Kekuatan
Ø A. Lokasi yang strategis
Ø B. Harga sewa yang tidak terlalu denagn rental lain sehingga mampu bersaing
Ø C. Dilengkapi dengan fasilitas mobil yang lengkap

B.      Kelemahan
Ø  A. Anggaran yangterbatas
Ø  B. Jumlah persediaan mobil yang terbatas
Ø  C. Tanggungjawab tidak terbatas

C.      Keunggulan
Ø  A. Bagi orang yang tidak memiliki mobil dan yang ingin melakukan perjalanan               wisata bisa menggunakan jasa rental
Ø  B. Tersedianya tenaga kerja yang berpengalaman
Ø  C. Dengan adanya iklan, media cetak, brosur, dll bisa mempromosikan usaha tersebut

D.     Ancaman
Ø  A. Adanya usaha lain yang sejenis sebagai pesaing
Ø  B. Perubahan selera dari pelanggan
Ø  C. Keadaanpemasaran yang berubah-ubah
  

BAB V ASPEK PABRIK


Layout Tempat Usaha



 

BAB VI ASPEK MANAJEMEN
A.      Tim Manajemen
Manager   : Lisa
Kasir          : Risty
Capster      : Indah Nindia
   Putri Lestari
   Dewinda

B.      Struktur Organisasi
Struktur organisasi dapat di ciptakan hubungan yang harmonis antara bagian apabila di susun secara baik dan rapi. Organisasi perusahaan menggambarkan susunan tugas, wewenang dan tanggung jawab karyawan pada posisinya dalam perusahaan

 

C.      Susunan Direktur, penasehat dan konsultan

1.      Direktur
·         Sebagai penanggungjawab atas jalannya usaha
·         Mencari peluang untuk maemajukan usahanya

2.      Penasihat
·         Sebagai penasihat/ orang yang memberi masukkan terhadap suatau usaha tersebut agar lebih baik dan maju
·         Orang yang selalu membantu di dalam mengambil keputusan serta pelaksanaan kebijakan yang akan dijalankan

3.      Konsultan
·         Orang yang selalau memberikan pendapat terhadap suatu usaha
·         Memberi pertimbangan atas berbagai macam tindakan alternatif

BAB VII ASPEK RESIKO 

A.      Masalah-masalah
1.      Masalah tentang keuangan
2.       Sepinya pelanggan
3.      Adanya kerusakan


B.      Resiko dan Hambatan
1.      Adanya usaha lain yang sejenis
2.      Terbatasnya persediaan mobil
3.      Kesulitan mencari tenaga kerja


C.      Tindakan Alternatif
1.      Menerapkan harga yang murah (standar)
2.      Pelayanan yang lebih ramah dan sopan
3.      Jika tidak ada pegawai, pemimpin untuk sementara waktu bisa menjadi pegawai

BAB VIII ASPEK FINANSIAL

A.      Jumlah Modal yang dibutuhkan
a.      Membeli Transportasi                                       Rp   980.000.000
b.      Membeli Peralatan                                           Rp        7.100.000       
c.       Membayar Gaji                                                              Rp        1.800.000
d.      Membayar Listrik                                                 Rp            300.000
e.      Biaya Promosi                                                        Rp       160.000
Total Modal                                                        Rp    989.360.000

B.      Sumber Modal
a.      Tabungan Sendiri                                                   Rp   500.000.000
b.      Pinjam Orangtua                                                    Rp   250.000.000
c.       Pinjam Bank                                                            Rp   250.000.000

C.      Penggunaan Modal
Modal kerja adalah modal yang menjadi sumber utama dalam menjalankan suatu usaha misalnya habisnya peralatan pada saat pelayanan, contoh habisnya tinta ketika akan mengeprint, dengan adanya kejadian tersebut akan menghambat proses produksi. Jika hal ini terjadi, maka akan mengakibatkan keterlambatannya proses pelayanan sehingga dapat memancing emosi pelanggan karena menunggu terlalu lama. Semua itu dapat mengakibatkan turunnya keuntungan usaha, sepinya pelanggan (beralih ke rental lain), perubahan selera daripelanggan.


3 komentar:

  1. Assalamualaikum.
    Dengan hormat, apakah saya diperkenankan jika meminta softcopy proposal ini, sebagai referensi oembuatan proposal saya.
    Demikian terinakasih.
    Salam hormat.
    Wassalam

    BalasHapus
  2. pembahasannya sangat lengkap, tampilan blog-nya juga sangat menarik.. terimakasih atas informasinya...
    Aplikasi Rental Mobil Berbasis Android

    BalasHapus
  3. Klo aspek produksinya apa ya? Sprti alat bahan proses pembuatan juga

    BalasHapus